ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Lupa Nggak Memisahkan Dana Tabungan dan Pengeluaran



©pexels

Penyebab awal dari masalah nilai saldo jalan di tempat adalah nggak membedakan antara pengeluaran dan pendapatan. Padahal memiliki dua rekening bank berbeda itu besar manfaatnya. Gunakan rekening tabungan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadikanlah sebagai batasan dalam menggunakan gaji kamu. Sementara itu, jangan pernah ganggu gugat keberadaan rekening tabungan. Boleh-boleh saja digunakan, asalkan kebutuhannya benar-benar mendesak.

Punya Kartu Debet ATM


©Pexels

Nggak ada salahnya memiliki kartu debet ATM. Tujuannya supaya bisa mengambil dana secepat mungkin, saat dibutuhkan. Jadi nggak perlu lagi antri di bank untuk melakukan penarikan. Sayangnya, keberadaan kartu ATM ini sering kali bikin biang masalah. Karena mudah melakukan penarikan dana, secara nggak sadar uang pun terkuras untuk berbagai keperluan.

Makin Banyak Kebutuhan


©pexels

Sebagai manusia, wajar kalau kebutuhan semakin hari semakin meningkat. Saat masih jomblo tentu beda kalau sudah pacaran, di mana makin banyak pengeluaran untuk kencan. Begitu pula ketika sudah berkeluarga dan membutuhkan lebih banyak dana untuk kehidupan sehari-hari. Inilah yang menjadi PR besar kamu, yaitu mengatur keuangan sedemikian rupa agar saldo tak hanya jalan di tempat, seiring dengan kebutuhan yang kian bertambah.

Kurang Disiplin dalam Menabung


©pixabay

Penyebab lain yang membuat saldo sulit bertambah adalah nggak punya hobi dan disiplin dalam menabung. Padahal dibutuhkan komitmen dalam menyimpan uang dengan tujuan yang jelas sebagai landasannya. Cobalah untuk bikin target tertentu saat menabung. Misal, untuk DP rumah atau usaha. Biar makin semangat dan konsisten dalam menyimpan uang di bank.

Nggak Mau Investasi


©pexels

Menyimpan uang di bank dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan dari bunganya? Anggapan yang salah kaprah karena bunga tabungan nilainya sangat kecil. Pilihan paling tepat supaya angka di saldo membengkak adalah dengan melakukan investasi di dunia keuangan.

Buat yang #BeraniBeda, kenalilah cara menabung ala millennial, yaitu reksadana. Keuntungan yang bisa didapatkan pun jumlahnya lebih besar ketimbang bunga tabungan biasa. Ini adalah salah satu solusi cerdas agar nilai saldo terus bertambah dari waktu ke waktu. Biar hidup terasa lebih berarti setiap kali melihat buku tabungan.

Itu tadi beberapa penyebab nilai saldo tabungan jalan di tempat yang jarang disadari millennial. Saatnya ubah kebiasaan menabungmu demi hari tua yang menyenangkan, yuk!