ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Kopi Durian - Medan atau Yogyakarta


 ©shutterstock

Jika mendengar kata kopi durian, ada 2 kota di Indonesia yang begitu identik dengan sajian ini. Pertama, kopi durian yang ada di Medan, dibuat dengan kopi asal Lombok. Kemudian, kopi durian yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta. Cara penyajian keduanya hampir mirip, yakni memasukkan durian pada secangkir kopi panas. Yang membedakan hanyalah jenis kopi dan durian yang digunakan. Bagaimana menurutmu, jika sensasi kopi yang pahit dipadukan dengan rasa unik durian? 


Kopi Rarobang - Ambon


 ©lintaskopi

Bagi kamu yang pernah ke Ambon, pastinya mengenal kopi rarobang dengan baik. Kopi ini dibuat dengan campuran rempah seperti kayu manis, sereh, cengkih, jahe dan gula pasir yang direbus hingga mendidih. Setelah matang, rebusan kopi tersebut disaring dan ditaburi irisan kacang kenari. Perpaduan ini unik banget, kan?

 

Kopi Joss - Yogyakarta


 ©sprudge

Kopi joss merupakan salah satu penyajian kopi yang unik. Berasal dari Yogyakarta, kopi disajikan dengan memasukkan arang panas ke dalam gelas. Namanya pun juga terinspirasi dari suara ketika arang masuk ke dalam kopi. Minuman ini bisa kamu temui dengan mudah di pinggir kota Yogyakarta.

 

Kopi Khop Aceh- Aceh


 ©mirwans.com

Aceh merupakan salah satu kota penghasil kopi terbesar di Indonesia. Mereka pun juga memiliki cara penyajian yang unik, yakni dengan membalikkan gelas pada piring kecil. Cara meminumnya adalah dengan menyeruput atau menggunakan sedotan dari piring kecil tersebut. Gimana, berani cobain nggak nih?

 

Kopi Kopyok - Gresik


 ©adventurose

Kopi kopyok atau kopi kasar adalah merupakan cara penyajian kopi yang ditumbuk kasar. Bubuk kopi kasar diletakkan dalam gelas yang kemudian dicampur dengan air panas. Sensasi berbeda bisa kamu rasakan dengan meminum kopi lengkap dengan tumbukan kasar yang ikut terkunyah.

Setiap daerah punya keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik. Kalau menurut kamu, mana nih yang paling menggoda?