ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Saat ingin solo traveling, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah persiapan. Apalagi jika baru pertama kalinya melakukan perjalanan sendiri. Nah, biar tidak bingung berikut panduan solo traveling yang wajib kamu ketahui. Mungkin saja suatu saat nanti akan kamu perlukan saat tergerak melakukan perjalanan seorang diri.

Lakukan Riset

Saat ingin pergi sendirian, bekali diri dengan informasi yang cukup. Selain cari informasi di Google, baca juga blog para traveler yang pernah ke destinasi yang kamu inginkan. Belajarlah dari pengalaman yang pernah mereka lalui. Siapa tahu ada beberapa hal spefisik yang harus diketahui. Pelajari semuanya mulai dari transportasi, kuliner sampai pantangan apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan. Dengan begitu, itinerary yang dibuat nanti bisa lebih tepat.

Tiket Murah

Jika solo backpacker, lebih baik booking penginapan secara online dan langsung cetak bukti booking-nya. Daripada buang-buang waktu untuk cari kamar atau bed kosong. Pastikan kamu sudah memperkirakan jarak penginapan dengan destinasi yang ingin dituju serta layanan transportasinya. Perlu diingat, saat solo traveling kamu benar-benar akan sendirian.

Sesuaikan Barang Bawaan dengan Lamanya Perjalanan

Solo traveling paling nyaman adalah membawa ransel. Selain bisa dibawa dengan nyaman di punggung, bisa juga masuk kabin asalkan ukurannya nggak terlalu besar. Akan gampang juga saat kamu naik transportasi umum atau ke toilet. Bawa pakaian seperlunya dan jas hujan. Masukkan pula obat-obatan dasar seperti obat demam, sakit perut hingga pusing. Bawa pula lotion anti-serangga.

Jangan Lupakan Dokumen Penting

Selain kartu identitas diri, seperti KTP, paspor dan visa, dokumen penting seperti surat perizinan masuk taman nasional jangan lupa dibawa. Jadikan satu dalam tas khusus, agar tak mudah terselip maupun hilang.

Uang Saku

Selain membawa uang tunai, bawa juga ATM atau kartu kredit untuk berjaga-jaga. Uang tunai bisa disimpan terpisah, misalnya di kaus kaki, tas, dompet dan saku dalam. Ini berguna sebagai uang cadangan, saat kehabisan saldo di rekening, atau pun mengalami kecopetan.

Persiapan Darurat

Apa saja bisa terjadi saat perjalanan nanti. Oleh karena itu, kamu membutuhkan persiapan untuk langkah darurat seperti scan paspor, KTP dan dokumen penting untuk disimpan dalam email. Bisa juga mempersiapkan asuransi perjalanan sebagai langkah preventif untuk melindungi diri sendiri.

Dengan cara-cara tersebut solo traveling pun bisa lebih aman, juga nyaman untuk dilaksanakan. Tinggal teguhkan tekad agar bisa segera #BebasTraveling secara mandiri. Selamat mencoba, guys!