ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Kenalan dulu dengan Carica, salah satu buah khas yang hanya bisa dijumpai di sekitar dataran tinggi Dieng Wonosobo, Jawa Tengah. Meskipun tampak asing, tapi rasanya masih nikmat disantap kok. Yuk, cari tahu beberapa fakta menarik Carica di sini!

Berwarna Kuning Cerah


Kulit buah carica akan berwarna kekuningan saat sudah matang. Warnanya yang cerah, membuat buah satu ini cukup menarik perhatian, terutama bagi orang-orang yang baru kali pertama melihatnya. Saat masih muda, warna kulitnya hijau seperti papaya, hanya saja dengan bentuk yang lebih kecil dan berbentuk pipih melingkar.

Tak Bisa Tumbuh di Sembarang Tempat


Sekalipun mirip buah tropis kebanyakan, faktanya carica ternyata tidak bisa hidup di sembarang tempat yang ada di Indonesia. Buah ini lebih cocok tumbuh di dataran tinggi. Beberapa daerah yang sudah sukses membudidayakan buah ini, antara lain Bali dan juga Dieng yang masuk Kabupaten Wonosobo.

Sering Dijadikan Manisan


Buah carica memang bisa langsung disantap setelah matang, tetapi masyarakat Wonosobo punya cara unik untuk menyajikan buah ini agar lebih nikmat. Mereka sering menjadikan carica sebagai manisan. Dengan rasa manis dan segar, carica pun jadi oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo.

Menyimpan Segudang Manfaat


Bukan saja cocok dilahap di tengah udara siang yang terik, buah carica rupanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Carica kaya kandungan vitamin C yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Serat yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat melancarkan pencernaan dalam tubuh. Buah carica juga mengandung banyak sekali vitamin A yang salah satu fungsinya menjaga kesehatan mata.

Dengan keunikan juga manfaat yang tersimpan dalam buah carica #MasaGakMau mencicipinya saat main-main ke Wonosobo? Cobalah rasa buah yang masih segar maupun yang sudah dijadikan manisan, agar kamu tahu persis perbedaan rasanya. Jika perlu, kamu juga dapat pula bertanya cara budidaya buah carica ini. Siapa tahu, sepulang travelling dari Wonosobo, biji buah carica yang kamu tanam bisa tumbuh besar hingga berbuah? Makanya, bawa yang banyak untuk dibagikan ke kerabat di rumah juga, ya.