ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Kini, setelah empat tahun berlalu, Gunung Kelud ternyata masih menyuguhkan banyak misteri. Bahkan, jika kamu #BeraniBeda travelling  ke kawasan Gunung Kelud, hal-hal ajaib ini bisa saja kamu alami. Apa saja? Ini dia beberapa fakta menariknya.

Fenomena Tanah Melengkung                


© pixabay

Hal unik pertama yang kerap dijumpai di sekitar kawasan Gunung Kelud adalah fenomena tanah melengkung. Fenomena tersebut terbentuk akibat soil creep atau rayapan tanah. Hal ini terjadi karena pemanasan dan pendinginan, sehingga tanah dapat memuai sekaligus menyusut berulang-ulang. Dampaknya, tak sedikit pohon atau tiang listrik yang ada di atas tanah tersebut jadi ikutan tidak tegak.

 

Ada Pula Pohon Melengkung


© pixabay

Tak hanya tanah yang melengkung, kamu juga akan dibikin kaget dengan beberapa pohon yang turut melengkung. Bedanya, kalau soil creep bikin tanah melengkung, sehingga berdampak pada pohon-pohon yang jadi tak bisa tumbuh tegak. Sebaliknya, pohon melengkung sendiri bisa diakibatkan landslide. Fenomena tersebut membuat pohon jadi tak tumbuh secara tegak lurus, sehingga kalau sedang hujan rawan tumbang.

 

Siap-Siap Dikejutkan dengan Ilusi


© pixabay

Logikanya saat mobil berjalan, pepohonan di sekitar akan tetap tegak berdiri. Bahkan saat menaiki atau menuruni jalan sekalipun. Namun, kondisi berbeda bakal kamu jumpai saat di kawasan Gunung Kelud. Di ruas-ruas tertentu, mata akan dikejutkan dengan ilusi pepohonan yang justru miring mengikuti kondisi kendaraan, baik menurun atau menanjak. Jadi, kudu fokus banget saat menyetir di sana. 

 

Mobilmu bisa Gerak Sendiri


© pixabay

Hah, seriusan? Benar kok, cuma bukan faktor gaib atau semacamnya lho, ya. Saat kamu menanjaki jalan di sekitar Gunung Kelud, mobilmu akan naik sendiri, bahkan dengan kondisi mesin mobil mati. Fenomena ini sudah nyaris dialami oleh beberapa orang, dan kamu bisa membuktikannya sendiri. Meski begitu, ahli Geofisika dari ITS belum memastikan fenomena tersebut akibat gaya magnet bumi. Apalagi, jalan tersebut justru punya kemiringan 5% menurun sesuai arah pergerakan mobil. Benar-benar misterius, ya.

Berbagai misteri tersebut terjadi secara alami. Kamu memang bisa membuktikannya sendiri. Tapi juga selalu waspada, ya. Jangan sampai keajaiban alam tersebut justru mencelakakan dirimu saat travelling ke kawasan Gunung Kelud.