ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tertarik menggunakan foam rolling untuk memaksimalkan olahraga sehari-hari? Berikut ini panduan yang perlu diperhatikan pemula.

Foam Rolling: Latihan Memijat Otot



┬ęShutterstock

Bagi yang belum paham, foam rolling sendiri merupakan latihan memijat yang dikenal dengan istilah self myofascial release (SMR) dalam dunia sains. Silinder busa yang digunakan sendiri memiliki beberapa tingkat kepadatan yang dapat memberikan tekanan aktif pada otot dan jaringan fascia (jaringan lunak). Bukan sekadar pijatan biasa, sebab saat teknik foam rolling dilakukan dapat membantu menenangkan fascia sekaligus mencegahnya mengalami nyeri otot.

Bermanfaat untuk Maksimalkan Latihan Fisikmu


┬ęShutterstock

Sebuah silinder foam roller dapat digunakan untuk memijat otot utama di tubuh, mulai dari punggung atas, bokong, paha, betis, sampai kaki. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu posisikan bagian tubuh yang ingin dipijat di atas foam roller lalu gulingkan dengan gerakan ke atas dan bawah selama beberapa kali.

Teknik ini sangat disarankan dilakukan sebelum olahraga karena berguna untuk menyiapkan otot sebelum melakukan latihan lain. Foam rolling bermanfaat meningkatkan luas gerakan saat melakukan latihan fisik karena otot tubuh merasa lebih siap digunakan untuk bergerak. Jangan lupa untuk melakukannya juga saat pendinginan berlangsung. Pijatan dengan busa tersebut dapat membantu menghilangkan titik-titik nyeri yang timbul usai latihan fisik berlangsung.

Pahami Rules Melakukan Teknik Foam Rolling


┬ęShutterstock

Meskipun kesannya sederhana, tapi memahami teknik foam rolling perlu dilakukan secara serius. Karena latihannya melibatkan otot dan fascia atau jaringan lunak, hindari area persendian dan tulang lurus saat menggulingkannya. Sebagai catatan, sendi dan tulang nggak boleh diberikan tekanan langsung.

Meskipun foam rolling bisa membantu relaksasi otot yang stres pasca olahraga, tapi jangan menjadikannya sebagai pertolongan ketika cedera otot yang terkilir. Sebaiknya, hindari foam rolling di area yang mengalami cedera sampai otot benar-benar pulih.

Jika sudah mengetahui teknik foam rolling yang tepat, saatnya #BeraniBeda memaksimalkan latihanmu mulai sekarang. Selamat mencoba di rumah, ya!