ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Olahraga Bridge

Bridge adalah olahraga permainan kartu yang terdiri dari 4 orang. Sama seperti permainan kartu pada umumnya, setiap peserta diberi 13 kartu dengan nilai yang berbeda-beda. Peserta yang mengeluarkan kartu dengan nilai paling besar adalah pemenangnya. Permainan ini begitu menarik bagi sebagian orang karena ada sistem penawaran atau bidding. Inilah 'seni' dalam permainan bridge, karena peserta harus melakukan analisis, menerapkan strategi, berani mengambil risiko dan mengambil keputusan yang tepat.

Kenapa Bridge Termasuk Olahraga?

Banyak di antara kamu mungkin bingung, kenapa bridge bisa termasuk olahraga? Bahkan, permainan ini ikut berkompetisi di ajang besar seperti Asian Games 2018 lalu. Dalam piagam Cherities Act yang diresmikan tahun 2011, parlemen secara khusus menyatakan bahkan olahraga adalah aktivitas yang mengandalkan fisik atau mental. Begitu juga dengan permainan bridge yang memerlukan keterampilan mental yang tinggi, serta membawa manfaat bagi kesehatan. Selain bridge ada juga catur yang diakui sebagai salah satu cabang olahraga.

Tokoh Dunia yang Suka Main Bridge

Bukan rahasia jika bridge adalah olahraga yang disukai oleh kaum jetset. Beberapa tokoh dunia seperti Bill Gates, mendiang Den Xiao Ping hingga Warren Buffett juga menyukai permainan kartu ini. Pada ajang Asian Games 2018 pun, pemilik Djarum Group, Michael Bambang Hartono berhasil memperoleh medali perunggu saat semifinal.

Hubungan Bridge dengan Kesehatan

Dikenal sebagai permainan yang rumit, bridge justru memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Saat bermain bridge, otak yang aktif akan menstimulasi sistem imun. Pemain yang terus berkonsentrasi, maka sistem imun tubuhnya akan terus meningkat. Alzheimer's Association berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Finlandia menemukan bahwa pelatihan kognitif dan aktivitas sosial dalam permainan bridge dapat meningkatkan memori serta kemampuan berpikir.

Karena menjadi permainan olahraga tanpa batas usia dengan manfaat sehat yang luar biasa, kapan kamu mau cobain main bridge juga? Selamat mencoba ya!