ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Di Balik 98


©kapanlagi

Film yang dirilis pada tahun 2015 ini secara mengejutkan disutradarai oleh Lukman Sardi. Beberapa nama besar yang turut andil di antaranya adalah Chelsea Islan, Boy William, Alya Rohali, Fauzi Baadila, dan masih banyak lagi. Kisahnya mengangkat tentang seorang mahasiswa perempuan yang sekaligus aktivis reformasi bernama Diana. Ia mencoba menentang pemerintahan Soeharto demi memperjuangkan nasib rakyat. Wanita juga punya tempat untuk jadi pejuang keadilan!

Merry Riana, Mimpi Sejuta Dollar


©chelseaislan

Masih diperankan oleh Chelsea Islan, film lain yang juga mengangkat tema wanita dan tepat dinikmati saat momen Hari Kartini adalah MERRY RIANA, MIMPI SEJUTA DOLAR. Film yang digarap oleh Hestu Saputra ini mengangkat perjuangan seorang motivator wanita bernama Merry Riana dalam mewujudkan impian. Sebelum menggapai kesuksesan, ia harus jatuh-bangun di negeri orang demi menuntaskan pendidikan. Namun, berkat kegigihan luar biasa, wanita cantik itu sukses meraih pendapatan sampai satu juta dolar pada usia 26 tahun.

Perempuan Punya Cerita


©kapanlagi

Film ini dirilis pada tahun 2008 dan pada dasarnya adalah kumpulan empat film pendek yang dijadikan satu. Mengangkat tema tentang wanita, PEREMPUAN PUNYA CERITA merupakan hasil karya empat sutradara Indonesia ternama, yakni Upi Avianto, Nia Dinata, Fatimah Rony, dan Lasja Fauzia Susatyo. Menikmati keempat film tersebut saat momen Hari Kartini dijamin ampuh untuk melecut semangatmu menjelma jadi wanita kini yang berprestasi.

Berbagi Suami


©kritikusfilm

Di tahun 2006 pernah dirilis sebuah film keren berjudul BERBAGI SUAMI. Garapan Nia Dinata ini mengangkat tema yang amat sensitif bagi para wanita, yakni poligami. Tokoh utamanya ada tiga perempuan dengan kondisi yang berbeda-beda. Dengan cara penuturan yang kalem, film yang satu ini bakal jadi tontonan berkualitas di tanggal 21 April 2018 nanti.

Perempuan Berkalung Sorban


©tulismenulis

Meski sempat menuai kontroversi, Perempuan Berkalung Sorban merupakan salah satu film tanah air yang menyoroti betul ketimpangan hak antara pria dan wanita. Berbalut kisah cinta yang menyedihkan, garapan Hanung Bramantyo yang dirilis pada tahun 2009 ini mengangkat perjuangan seorang Anissa yang membela hak perempuan muslim di tengah keluarga yang konservatif.

Supaya makin oke dalam memaknai perjuangan Kartini, tonton beberapa film di atas, yuk!