ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Feast of Seven Fishes - Italia


©shutterstock

Mendengar kata Italia, apakah yang ada dalam benakmu hanya pizza dan pasta? Saat perayaan Natal tiba, menu Feast of Seven Fishes lah yang menjadi primadona. Sesuai dengan namanya, menu ini menyajikan 7 macam seafood atau dalam bahasa Italia disebut La Vigilia.

Tujuh menu ini terdiri dari lobster, gurita, sarden, ikan cod, tiram, cumi-cumi dan masih banyak yang lainnya. Bahan utama seafood ini kemudian disajikan dalam berbagai jenis menu yang menggoda seperti pasta, sayuran dan juga sup.

Mattak dan Kiviak - Greenland



 ©perutourism

Mattak merupakan kulit ikan paus dan kiviak adalah fermentasi daging burung. Sekilas keduanya mungkin terlihat menu sajian yang aneh. Namun, di Greenland, suku bangsa Inuit, kedua menu ini begitu istimewa hingga disajikan dalam perayaan Natal. Mattak kerap diawetkan sebagai bahan pelezat sup yang bertekstur kenyal dan rasanya gurih. Sedangkan kiviak merupakan fermentasi burung sejenis penguin yang disajikan dengan salad kentang. Kira-kira kamu bakalan suka nggak?

Smalahove - Norwegia

 
© rearfront

Smalahove merupakan kepala domba panggang yang selalu disajikan saat Natal. Disajikan dengan bentuk kepala utuh, sajian ini sangat diperebutkan untuk sajian Natal. Nggak heran jika warga Norwegia harus mempersiapkannya jauh-jauh hari. Menu ini lebih istimewa dibandingkan bagian daging atau yang lainnya. Kepala domba ini biasanya disayat, lalu dimakan dengan tambahan mustard, roti lapis dan juga salad.

Ikan Malas - Tiongkok

 
©frienzz.blogspot.com

Namanya saja sudah membuat penasaran ya. Ikan malas sering kali menjadi sajian saat perayaan Natal di Tiongkok. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di pusat kota. Ikan air tawar ini dinilai sajian yang sangat istimewa karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut. Di Indonesia, ikan malas ini sering kali disebut dengan ikan betutu.

Risgrynsgröt - Swedia



 © kungmarkatta

Kesulitan mengucapkannya? Risgrynsgröt merupakan sajian tradisional yang terbuat dari tepung beras. Jika melihat sekilas, sajian ini lebih mirip dengan puding. Bagi orang Swedia, memakan Risgrynsgröt saat Natal akan membawa keberuntungan. Apalagi jika bisa mendapatkan 'kejutan' berupa almond di dalamnya.

Dari deretan makanan di atas, mana nih yang menurut kamu paling unik? Selamat Hari Natal bagi yang merayakannya ya!