ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Protein Ternyata Bisa Membuatmu Makan Berlebihan


©Pexels

Aneka sumber protein umumnya punya rasa gurih. Penyebabnya adalah kandungan glutamat yang kerap ditiru sebagai bumbu penyedap rasa. Maka dari itu, rasa gurih seperti ini cenderung bikin seseorang lebih banyak mengonsumsi kalori. Waspada ya, kalau dibiarkan makanmu bisa jadi berlebihan!

Protein Bikin Kenyang Lebih Lama


©Pexels

Layaknya karbohidrat, protein juga bisa dibakar untuk diubah menjadi energi. Perbedaannya, pengolahan protein ternyata butuh waktu yang lebih lama. Alhasil, rasa kenyang yang disebabkan oleh protein dapat bertahan lebih lama ketimbang karbohidrat.

Harus Dikonsumsi pada Jumlah yang Pas


©Pexels

Ingat, apapun yang berlebihan itu nggak baik. Nggak terkecuali kandungan protein dalam tubuh. Meskipun punya banyak banget manfaat, protein harus dikonsumsi secara seimbang. Bila kekurangan, pertumbuhan seseorang dapat terhambat. Sebaliknya, kandungan protein yang berlebihan dapat mengganggu fungsi ginjal.

Beberapa Orang Harus Mengonsumsi Banyak Protein


©Pexels

Yup, sebagian orang memang disarankan untuk sedikit lebih banyak dalam mengonsumsi protein. Misalnya, ibu hamil dan menyusui, olahragawan, vegetarian, serta pekerja fisik. Nutrisi yang satu itu memang diperlukan banget buat mendukung kegiatan sehari-hari.

Konsumsi Protein Secara Variatif


©Pexels

Telah diketahui jika terdapat dua sumber protein, yakni nabati dan hewani. Supaya kesehatan dan daya tahan tubuhmu selalu terjaga, sebaiknya konsumsi keduanya secara seimbang. Misalnya, kamu nggak perlu tiap hari makan daging hanya karena penganan tersebut memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Sebaiknya selingi dengan telur, kacang-kacangan, biji-bijian, atau sumber protein nabati lain.

Sudah tahu kan, pentingnya protein bagi tubuh manusia? Mulai sekarang, biar bisa #BebasBeraktivitas tanpa khawatir kondisi tubuh cepat drop, konsumsi protein dengan takaran yang tepat, ya!