ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Bukan Teman Baik


©pexels

Sebaiknya hindari memasukkan nama-nama teman baik sebagai referensi. Biar pun mereka memiliki posisi, tapi kan belum pernah kerja bareng dengan kamu. Memasukkan nama teman baik juga dinilai kurang profesinal bagi sebagian besar perusahaan. So, sebaiknya dihindari ya.

Pilih Mereka yang Pernah Bekerja Bersamamu



© startupstockphotos

Lupakan untuk memasukkan nama-nama teman sekantor yang nggak pernah kerja sama dalam satu proyek. Lebih baik sertakan mereka yang pernah ikut handle satu project yang sama. Dengan begitu, mereka bias memberikan penilaian yang objektif tentang kinerjamu selama ini.

Terakhir, Jangan Lupa Beritahu Mereka


©pexels

Hindari bersikap cuek, asal menulis nama-nama orang sebagai referensi tapi nggak memberi kabar pada mereka. Kalau ingin dihargai, kamu pun juga harus menghargai mereka. Berikan sedikit pemberitahuan bahwa dirimu telah mengirimkan lamaran pekerjaan bersama dengan nama-nama mereka dalam daftar referensi. Kalau sewaktu-waktu perusahaan yang kamu lamar menghubungi, mereka akan lebih siap.

Jadikan lamaran pekerjaanmu tepat guna dengan #BeraniBeda, memberikan daftar referensi berisi orang-orang yang tepat. Selamat mencoba dan semoga sukses mendapatkan pekerjaan yang baru.