ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Banyak lagu yang pernah menempati tangga lagu dunia yang ternyata merupakan cover version. Uniknya, sebagian cover version ini justru lebih populer ketimbang versi penyanyi aslinya. Beberapa di antara daftar ini, pasti pernah kamu dengar deh.

 


WILD WORLD



 


©Youtube/MrBigVEVO

 

Lagu ini bisa dibilang jadi lagu yang ikonik dibawakan oleh Mr. Big di tahun 90-an awal. Tapi tahukah kamu bahwa lagu ini merupakan cover version dari karya yang ditulis penyanyi legendaris Cat Stevens di tahun 1970? Sebelum dinyanyikan ulang oleh band asal Amerika ini, WILD WORLD telah banyak dibawakan oleh musisi-musisi lain, misalnya Jimmy Cliff dan penyanyi reggae Maxi Priest. Menariknya, sebagian besar cover version lagu yang ditulis Cat Stevens untuk kekasihnya Patti D'Arbanville ini berhasil menempati tangga-tangga lagu dunia. Wow!

 

LOVE HURTS

 


©Youtube/NoMadU55555

 

Mendengarkan lagu LOVE HURTS yang liriknya mengiris-iris hati ini, pasti ingatan kita langsung memanggil band hard rock asal Skotlandia, Nazareth. Yup, bersama Nazareth, lagu ini berhasil menduduki tangga lagu teratas di 9 negara di dunia, termasuk Amerika dan Norwegia. Tapi sebetulnya versi asli lagu ini dinyanyikan oleh grup band The Everly Brothers di tahun 1960. Versi Nazareth dibawakan lebih emosional dengan balutan nuansa pop rock ballad yang kental. Namun versi aslinya dibawakan dalam tempo lebih lambat dan menyayat.

 

I WILL ALWAYS LOVE YOU

 


©Youtube/WhitneyHoustonMusic

 

"And I .... will always love youuuu ..." adalah penggalan lagu yang sangat populer di tahun 1990-an. Dinyanyikan oleh Whitney Houston, lagu yang menjadi soundtrack film THE BODYGUARD ini berhasil menyabet Grammy Award untuk kategori Record of The Year berkat laris-manisnya lagu ini terjual hingga lebih dari satu juta kopi. Berterimakasihlah kepada sang penyanyi aslinya, Dolly Parton. Di tahun 1973, Dolly Parton merekam lagu yang ditulisnya untuk Porter Wagoner, sang mentor sebagai rasa terimakasih sebelum ia memisahkan diri. Baik Parton maupun Whitney berhasil membawa lagu ini ke berbagai penghargaan bergengsi dunia. Salut!



MORE THAN WORDS


Youtube/Westlife ©

 

Untuk generasi 90-an, lagu ini adalah ikon dari band besutan Nuno Bettencourt, Extreme. Namun bagi generasi 2000-an, bisa jadi lagu ini lebih dikenal berkat dinyanyikan ulang oleh grup vokal Westlife. Lagu ini sempat menjadi hits di tahun 2002 karena kemunculannya di album kompilasi GRANDES EXITOS (2002) yang diproduksi Westlife khusus untuk Venezuela.

 

ANDAIKAN KAU DATANG KEMBALI



©Youtube/SoniMusicEntertainmentIndonesia

 

Daftar ini belum lengkap tanpa lagu ANDAIKAN KAU DATANG yang dinyanyikan oleh Ruth Sahanaya dan NOAH. Meski berbeda gaya dalam menyanyikannya, kedua penyanyi tersebut pernah menghiasi tangga musik radio dan televisi Indonesia berkat lagu tersebut. Namun sebenarnya lagu ini adalah salah satu masterpiece band legendaris Indonesia, Koes Plus. Dalam sebuah wawancara dengan media, almarhum Yon Koeswoyo mengungkapkan bahwa lagu ini ditulisnya bukan sekedar mengangkat kisah percintaan manusia, melainkan antara manusia dengan Tuhannya. Dalam banget ya artinya!

 

Itu dia lima lagu yang pernah meledak di kancah musik Indonesia maupun dunia. Para penyanyi ini #BeraniBeda dari musisi aslinya dan membawakan kembali lagu-lagu populer dengan gayanya masing-masing. Nah, kalau kamu, lagu cover version yang mana yang paling kamu sukai?