ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Onde-Onde Ketawa


© Diahdidi

Onde-onde termasuk jajanan favorit berkat teksturnya yang kenyal, isian kacang hijau yang manis, dan permukaan berbalut biji wijen yang gurih. Walau mengusung nama yang hampir sama, onde-onde ketawa punya ciri khas permukaan yang terbelah, mirip mulut sedang tertawa. Walau tanpa isian, tekstur yang renyah dengan citarasa manis-gurih, bikin kamu ketagihan menyantap kudapan unik ini.

Oseng Mercon


© Diahdidi

Mendengar namanya saja mungkin sudah bikin kamu bergidik ngeri. Mercon yang identik dengan letusan ini disematkan pada hidangan berbahan daging koyor dan tetelan sapi, yang diramu dengan bumbu tradisional dan cabai yang melimpah.

Sensasi pedas yang menggigit lidah ini yang dianggap cocok diwakili dengan ledakan mercon. Walau keringat mengucur deras, oseng mercon yang disantap dengan nasi hangat dijamin bikin sulit berhenti makan.

Sate Kere


© Wonderfulsolo

Ada banyak variasi sate dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya sate kere khas Solo. Dalam Bahasa Jawa, kere yang artinya miskin disematkan pada sate berbahan potongan gembus atau tempe ampas kelapa dan jeroan sapi yang digemari kalangan masyarakat bawah. Tapi jangan remehkan nama dan bahan bakunya yang murah, citarasanya nggak kalah lezat kok, apalagi dipadukan dengan siraman saus kacang yang menambah kenikmatannya.

Tahu Gimbal


© Hellosemarang

Selain lumpia, tahu gimbal jadi makanan yang selalu diburu wisatawan saat berlibur ke Semarang. Nama ini disematkan karena tampilannya yang mirip rambut gondrong. Terbuat dari campuran udang dan adonan tepung yang digoreng hingga kuning kecoklatan. Gorengan ini kemudian disajikan dengan potongan tahu goreng, kol, lontong, taoge, dan telur yang disiram saus kacang. Wenak tenan!

Nasi Kucing


© Negerisendiri

Awalnya, makanan unik ini dijual di angkringan-angkringan yang tersebar di Yogyakarta. Namanya sendiri berasal dari ukuran bungkus nasi yang mungil, mirip porsi makanan kucing peliharaan di rumah. Biasanya saat dibuka kamu akan menemukan satu kepal kecil nasi dengan aneka lauk, dan sambal. Jangan sungkan untuk menyantap 3-4 porsi nasi kucing sekali makan yang bikin selera makanmu bakal terpuaskan.

Kerupuk Melarat


© Saliha

Selain sate kere, ada satu lagi camilan yang punya arti miskin yaitu kerupuk melarat. Dulunya, warga kalangan bawah menjadikan kerupuk warna-warni sebagai menu andalan pendamping nasi. Uniknya, bukan minyak sayur yang dipakai untuk menggoreng kerupuk, melainkan pasir yang sudah dipanaskan terlebih dahulu untuk menghemat biaya.  

Jangan ragu untuk menjajal makanan bernama unik tapi punya citarasa super lezat ini. Wisata kuliner, yuk!