ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Mengembangkan bisnis memang bukan hal yang mudah. Diperlukankerja keras yang pantang menyerah demi bisa mewujudkan passion yang tersimpan menjadi sesuatu yang nyata. Tapi, bukanberarti hal tersebut mustahil dilakukan. Para tokoh dunia ini sudah jadibuktinya. Pelajariceritanya, mungkin saja bisa jadi inspirasi kamu dalam mewujudkan passion yang dimiliki.

Steve Jobs

©allaboutstevejobs

Jika ingin belajar tentang bisnis, Steve Jobs adalah sosokyang nggak boleh dilewatkan. Meskipun memutuskan untuk berhenti kuliah, tapiSteve mampu benar-benar mewujudkan passion-nyadan sukses membangun perusahaan teknologi raksasa, Apple. Selain usaha keras dankenekatan, prinsip Steve adalah agar selalu menjadi kreatif dan menciptakaninovasi. Semuanya dibuktikan lewat deretan produk Apple yang menjadiwarisannya.

Bill Gates


©gatesnotes

Dikenal cerdas dan jenius sejak kecil, Bill Gates yang saatitu kuliah di Harvard University memutuskan untuk drop out demi mengejar passion-nyadalam bidang teknologi komputer. Ternyata, hal ini adalah salah satu keputusanterbaiknya dalam hidup. Bersama sahabatnya Paul Allen, Bill membangunperusahaan bernama Microsoft. Berawal dari sebuah hal kecil, akhirnya Microsoftberhasil menjadi salah satu raksasa teknologi hingga kini.

HowardSchultz

©news.starbucks

Howard Schultz adalah sosok di balik kesuksesan Starbucksyang mendunia. Howard bukanlah pendiri Starbucks, tapi dia adalah seorangkaryawan marketing di sana. Setelahsempat dikirim untuk belajar kopi di Italia, Howard memiliki ide yang diajukanke sang pimpinan Starbucks. Sayang, idenya ditolak. Howard pun membuka kedaikopi sendiri yang tak disangka mendapat kesuksesan luar biasa. Setelah itu,Howard membeli seluruh saham Starbucks dan mengembangkan kedai kopi tersebuthingga menjadi seperti sekarang.

Jan Koum


© Robert Gallagher for Forbes

Jam Koum adalah pemuda asal Ukraina yang masuk ke Amerikapada usia 16 tahun. Karena keluarganya yang miskin, dia sempat bekerja sebagaitukang bersih-bersih. Di usia 18 tahun, Koum mulai tertarik dengan bahasapemrograman dan sempat bekerja di Yahoo selama 9 tahun. Setelah itu, diamenyadari bahwa aplikasi smartphonepasti akan populer suatu hari nanti, maka dia pun mengembangkan WhatsApp yangkemudian dibeli oleh Facebook seharga Rp 252 triliun.

Mark Zuckerberg


©instagram/zuck

Mark Zuckerberg menjadi pelajaran lain yang semakinmenguatkan kalau inovasi dan kreativitas sangat penting dalam membangun bisnis.Nekat drop out dari Harvard University,Mark lalu mengembangkan jejaring sosial Facebook. Jejaring sosial ini kinimenjadi salah satu yang memiliki pengguna terbesar  di dunia.

Para entrepreneurdunia ini berhasil membuktikan bahwa untuk mengembangkan bisnis yang besar,dibutuhkan kerja keras dan keuletan yang tinggi. Sukses nggak bisa diperolehsecara instan. Jadi, semangat pantang menyerah dan #BebasWujudkan passion ya, guys!