ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Hanya, kamu bukanlah satu-satunya orang yang ingin liburan sana. Jauh dari apa yang kamu bayangkan, ratusan bahkan ribuan orang juga tertarik datang ke Bali dan Lombok. Alih-alih bisa menikmati pantai eksotis, kamu justru bakal menjumpai pantai yang penuh wisatawan, hingga membuat travelling tak lagi nyaman.

Maka dari itu, cobalah untuk #BeraniBeda mengunjungi tempat lain di Indonesia, yang pantainya tak kalah menawan dibandingkan Bali dan Lombok. Salah satunya adalah Banyuwangi. Boleh dibilang masih sedikit orang yang tahu tentang Banyuwangi. Padahal, selain atraksi budaya yang menarik, Banyuwangi ternyata rumah bagi pantai memesona di timur Pulau Jawa.

Pantai Pulau Merah


Ada yang bilang kurang lengkap rasanya ke Banyuwangi, jika tak mampir ke pantai ini. Selain jadi landmark andalan Banyuwangi, Pantai Pulau Merah dianggap memesona lantaran pasir pantainya ada yang berwarna kemerahan. Pantai yang punya pulau karang menjulang seperti bukit ini, cukup populer baik di kalangan turis domestik maupun mancanegara. Dari pusat Kota Banyuwangi, pantai yang berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan ini, dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Pantai Teluk Hijau


Bukan tanpa alasan pantai ini dinamakan demikian, warna air laut yang biru kehijauan atau tosca membuat Pantai Teluk Hijau memancarkan pesonanya tersendiri. Terlebih pantainya masih cukup alami, maka wajar jika untuk menuju ke titik utamanya, kamu akan dihadapkan dengan medan yang terjal dan tebing curam. Namun, setelah menemukannya, perjuanganmu akan terbalas dengan panorama pantai yang menawan, hingga kamu enggan buru-buru untuk pulang.

Pantai Plengkung


Dikenal juga dengan nama G-Land, pantai eksotis ini menjadi destinasi favorit para surfer dunia. Bentang alamnya pun masih alami, lantaran Pantai Plengkung masih masuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Dengan kualitas ombak terbaik kedua di dunia, setelah Hawaii, Pantai Plengkung memang begitu menggoda adrenalin para peselancar. Jika tidak, kamu bisa menikmati pasir putih nan lembut, hingga sunset yang begitu memukau.

Pulau Tabuhan


Lokasinya memang tidak di daratan utama Pulau Jawa, tetapi pulau kecil yang masih masuk Kabupaten Banyuwangi ini wajib banget kamu kunjungi. Terlebih buat kamu yang suka banget snorkeling atau bahkan diving, cobalah berkunjung ke Pulau Tabuhan. Alam bawah laut pulau ini begitu indah, lengkap dengan berbagai jenis biota laut, seperti ikan dan terumbu karang warna-warni. Untuk menyeberang ke Pulau Tabuhan, kamu perlu berangkat dari dermaga Bangsring Underwater atau Grand Watu Dodol. Penyeberangan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit.

Dibandingkan pantai-pantai di Bali dan Lombok, keempat pantai tersebut memang belum begitu populer. Namun, keindahan pantai bakal menjadi jaminan tersendiri buatmu, lantaran beberapa karakteristik pantainya belum tentu bisa dijumpai di Bali maupun Lombok.