ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ketika sudah menghasilkan pendapatan sendiri, kita cenderung tergoda untuk menghambur-hamburkan uang. Terkadang nominalnya nggak besar sih, tapi jika terus-menerus dilakukan cukup terasa jumlahnya. Tiga hal remeh ini ternyata cukup menguras kantong lho:

Jajanan kecil di minimarket setiap hari

 


© Pexels.com

 

Yang awalnya bertujuan membeli barang tertentu, ketika sampai di minimarket justru tergoda membeli yang lainnya. Biasanya yang paling sering terjadi adalah membeli jajanan kecil yang didisplay di dekat meja kasir. Mungkin nilainya tak besar, tak sampai Rp 20 ribu. Tapi coba hitung jika dikalikan setiap hari selama sebulan? Lumayan lho nominalnya, bisa untuk ditabung 'kan?

 

Berlangganan gym atau Netflix

 


© Pexels.com

 

Kalau kamu masih belum punya komitmen yang bagus untuk berolahraga, sebaiknya tidak perlu berlangganan gym. Kamu bisa berolahraga sendiri dengan jogging tiap pagi atau bermodalkan video olahraga di Youtube. Jika setiap hari kamu lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan pulang dalam keadaan sangat lelah, pertimbangkan deh untuk berlangganan Netflix karena kamu bakal jarang menontonnya.

 

Secara nilai ekonomis, jika kita berlangganan suatu layanan umumnya mendapatkan harga lebih murah. Ada juga berbagai paket promo dan diskon jika kita menjadi member. Tapi coba pertimbangkan lagi. Jika tidak dipakai dengan maksimal, ujung-ujungnya malah jadi pemborosan.

 

Tergoda membeli beauty product terbaru

 


© Pexels.com

 

Saat ini pengaruh beauty influencer benar-benar menggoda iman. Hampir tiap hari kita terpapar informasi produk-produk kecantikan baru yang diluncurkan. Nah, kalau nggak pintar-pintar menahan diri, hal ini bisa jadi pemborosan lho. Tahan dulu, beauty product punya jangka waktu yang terbatas. Jadi ketimbang terbuang sia-sia, lebih baik habiskan dulu yang ada ya.

 

Dari nilai barang yang kecil, kita bisa belajar menghargai uang. Karena setiap rupiah yang kita keluarkan ada maknanya, #MasaGakMau lebih hemat?